cover
Contact Name
Mira Mirnawati
Contact Email
miramirnawati@ung.ac.id
Phone
+6281356708379
Journal Mail Official
redaksiideaspublishing@gmail.com
Editorial Address
Jalan Prof. Joesoef Dalie/Pangeran Hidayat/JDS (Jalan Dua Susun) Nomor 110 Kota Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Published by Ideas Publishing
ISSN : 2442367X     EISSN : 2656940X     DOI : https://doi.org/10.32884
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus kajian keilmuan Jurnal Ideas terbagi menjadi tiga ruang lingkup yang setiap ruang lingkupnya membatasi pada beberapa kajian saja. Berikut ini secara detail dijelaskan.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)" : 17 Documents clear
GAGASAN KONSEPTUAL SUPERVISOR PENDIDIKAN TENTANG PEMBELAJARAN INOVATIF MODEL LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR GUNA MENINGKATKAN MUTU GURU MENGAJAR Sarmin Usman
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan Masalah Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka dalam penelitian tindakan sekolah ini difokuskan pada penelitian masalah memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yang dapat dirumuskan sebagai berikut : 1. Apakah kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat ditingkatkan di SDN 03 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 ? 2. Apakah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam PBM dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 03 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari dilaksanakan penelitian tindakan sekolah ini adalah : (a). Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 03 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018, (b). Guru SDN 03 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat menyempurnakan metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah sehingga dapat meningkatkan kreativiats, motivasi dan hasil belajar siswa. Dari 8 orang guru yang terlibat, 5 orang guru sudah mendapat skor dengan katagori “baik” sedangkan 3 orang dengan katagori “cukup”.Oleh karena itu dilanjutkan dengan tindakan siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru sudah mendapatkan katagori baik dengan skor rata-rata 80 – 89.Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Secara rinci perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,38 di siklus I menjadi 84,88 di siklus II ada peningkatan 5,5. kegiatan penyusunan skenario pembelajaran nilai rata-rata 78,75 di siklus I menjadi 82,50 di siklus II ada peningkatan 3,75, kegiatan pembelajaran atau dalam proses belajar mengajar nilai rata-rata 78,33 di sklus I menjadi 82,08 di siklus II, ada peningkatan 3,75. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Ada peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SDN 03 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN AKADEMIK 2017/2018 Salma A. Bowtha; Roy Hasiru
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik di Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester III Kelas C Tahun Akademik 2017-2018 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode tutor sebaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah “Apakah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik di Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2017-2018. Objek penelitian berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dosen dan mahasiswa serta lembar penilaian aspek kognitif. Hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika digunakan model pembelajaran kooperatif metode tutor sebaya pada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik di kelas C semester III Tahun Akademik 2017-2018 pada Program Studi Pendidikan Ekonomi maka hasil belajar siswa akan meningkat maka hasil belajar mahasiswa akan meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar mahasiswa pada tahap observasi awal hanya 20% setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 34%. Selanjutnya, setelah diberikan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 89.65%.
Penggunaan Software Simulator Untuk Pembelajaran Jaringan Komputer Alimuddin Yasin; Roys Pakaya
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran Jaringan Komputer dibutuhkan perangkat jaringan dalam melakukan pembelajaran yang berada di lab jaringan. Harga perangkat jaringan tidaklah murah dan tidak dapat diakses setiap saat oleh siswa. Sehingga siswa tidak dapat melakukan kegiatan pembelajaran sendiri di rumah karena keterbatasan Perangkat Jaringan sehingga dibutuhkan software simulasi jaringan yang dapat mensimulasikan kondisi jaringan yang sebenarya yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Saat ini ada beberapa software simulasi jaringan yang dapat diguakan dengan bebas yaitu GNS3 dan Cisco Packet Tracer. Packet Tracer dan GNS3 masing-masing memiliki keunggulan dan Kekurangan dimana Packet Tracer hanya dapat mensimulasikan perangkat Khusus Cisco sedangkan GNS3 dapat mensimulasikan Berbagai macam vendor perangkat jaringan.
PENINGKATAN KOMITMEN DAN KEMAMPUAN GURU-GURU SDN 04 TALUDITI KECAMATAN TALUDITI KABUPATEN POHUWATO DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM KEGIATAN KERJA PRAKTEK DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK Basri U. Tongkodu
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumuasan Masalah pada Penelitian Tindakan Sekolah yaitu : 1). Apakah Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dapat meningkatkan komitmen guru-guru SDN 04 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menyusun RPP Inovatif ? 2). Apakah Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SDN 04 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menyusun RPP Inovatif? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Peningkatan komitmen guru-guru SDN 04 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menyusun RPP Inovatif dalam kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik. 2). Peningkatan kemampuan guru-guru SDN 04 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menyusun RPP Inovatif dalam kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik. Kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik, terbukti dapat meningkatkan komitmen guru-guru SDN 04 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato Tahun Pelajaran 2017/2018 dalam menyusun RPP Inovatif. Indikator kinerja : Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan komitmen yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5, tercapai pada akhir siklus III dengan pencapaian 94%.
USAHA MENGEMBANGKAN WAWASAN ILMIAH BAGI KUALITAS GURU MENGAJAR IPA DI SDN 02 MARISA KECAMATAN MARISA KABUPATEN POHUWATO MELALUI KEBIASAAN INTERNET DI MEDIA GOOGLE Nurmala Tantu
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan Masalah Dalam PTS adalah sebagai berikut : 1). Sejauh mana motivasi kinerja guru selama mengajar IPA di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.? 2). Sejauh mana kecenderungan motivasi belajar IPA pada siswa Kelas VI di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.? 3). Sejauh mana kecenderungan Kebiasaan Jelajah Internet di Media Google oleh guru mengajar IPA di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.? Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut : 1). Untuk mengetahui motivasi kinerja guru selama mengajar IPA di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. 2). Untuk mengetahui kecenderungan motivasi belajar IPA pada siswa Kelas VI di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. 3). Untuk mengetahui kecenderungan Kebiasaan Jelajah Internet di Media Google oleh guru mengajar IPA di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Kecenderungan motivasi kinerja guru yang mengajar IPA dan prestasi belajar di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah baik. Kecenderungan pendekatan Kebiasaan Jelajah Internet di Media Google siswa di SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah cukup baik.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN CERPEN YANG DIBACA MELALUI STRATEGI STRATA PADA PESERTA DIDIK Salman Suratinoyo
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This classroom action research aims to improve the ability to write drama script based on short stories that are read by using Strata strategy. The research was conducted in SMP Negeri 13 Gorontalo by taking the subject of research on the students in class IX-1 which amounted to 31 people. Data collection was done by using observation sheet of teacher activity, observation sheet of learners activity, and written test. Data analysis technique used qualitative descriptive and quantitative analysis. The results showed that the application of Strata strategy can improve the ability to write drama script based on short stories read. If the initial test results the ability of learners on average only 37.61% of 31 students. After the Strata strategy applied in cycle I, the average ability of the students has increased to 53.74%. Some deficiencies in cycle I improved in cycle II so that the average ability of learners increased to 95.67%.
IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU Erniati Erniati; Moh. Natsir Mahmud; Muhammad Yaumi; Sitti Mania
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI di SMA Negeri Kota Palu. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan positivistik. Sumber data primer penelitian ini yaitu pengawas, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PAI, dan sumber data sekunder yang menyangkut dokumen penunjang penelitian tentang evaluasi kinerja guru PAI. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori baik. Dengan pencapaian hasil kinerja guru PAI dalam menyusun RPP rata-rata skor 18,32 masuk dalam kategori baik. Kemampuan guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, dengan perolehan rata-rata skor 19,62. Kemampuan guru PAI dalam evaluasi pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, dengan perolehan rata-rata skor kinerja guru sebesar 18,03. Hasil perolehan skor tersebut sejalan dengan studi dokumentasi yang peneliti lakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kota Palu.
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU MENGAJAR IPS MELALUI PEMBINAAN KONSEP PRESENTASI POWER POINT Dennie Roger B. Gereuw
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan tema tersebut penulis berpendapat bahwa, “…adakah pengaruh Media Presentasi Power Point dalam menunjang keberhasilan guru mengajar IPS dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa di SDN 01 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato? ” yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu 1). Untuk memperoleh pengalaman praktis dalam pembinaan konsepsi pembelajaran inovatif melalui penelitian ilmiah sesuai dengan kompetensi eksperimen yang sudah diterima dari Tim Asesor. 2). Menerapkan ilmu yang selama ini diperoleh melalui pengembangan work shop, diklat dan seminar kepengawasan sekolah. Sesuai dengan hasil analisis data yang telah dikemukakan dalam BAB IV, maka berikut ini akan dikemukakan kesimpulan sebagai berikut : 1). Penggunaan media Presentasi Power Point berpengaruh terhadap aktivitas guru mengajar IPS dan hasil belajar siswa di SDN 01 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dalam pengajaran mata pelajaran IPS. 2). Dengan membandingkan hasil siklus I dan II yang cukup signifikan Hal ini membuktikan bahwa mutu mengajar guru IPS dan peningkatan hasil belajar SDN 01 Taluditi Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media Presentasi Power Point lebih baik.
PENDAMPINGAN PEKERJA SOSIAL TERHADAP ANAK KORBAN INCEST DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) KOTA TASIKMALAYA Ajeng Diah Rahmadina
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Arus globalisasi, yang ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta perubahan sosial yang pesat di masyarakat telah mengakibatkan semakin bergesernya nilai-nilai ikatan keluarga yang berdampak terhadap masalah psikososial dan keutuhan keluarga. Berbagai permasalahan muncul dalam sebuah keluarga yang tak jarang membuat anak menjadi korban sehingga merusak masa depannya. Salah satu masalah terberat yang dewasa ini semakin sering ditemui di lingkungan masyarakat adalah masalah incest atau hubungan sedarah. Orangtua yang memiliki peran dan fungsi melindungi dan memastikan tumbuh kembang anak dengan baik, malah menjadi predator bagi anak kandungnya sendiri. Dalam penelitian ini ingin mengetahui bagaimana proses pendampingan yang dilakukan oleh pekerja sosial di Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) dalam upaya pemberian layanan terhadap anak korban incest. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik yang digunakan melalui pengumpulan data primer seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, pendampingan pekerja sosial LK3 di Kota Tasikmalaya melakukan tahapan pelayanan pekerjaan sosial yaitu Pendekatan Awal (Engagement, intake dan kontrak), Penggalian Masalah(Assesment), penyusunan rencana pemecahan masalah (Planning), pemecahan masalah (intervention), monitoring dan evaluasi, terminasi, dan bimbingan lanjut.
KARAKTER TOKOH IBU DALAM CERPEN IBU YANG ANAKNYA DICULIK ITU KARYA: SENO GUMIRA AJIDARMA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA Zilfa Achmad Bagtayan
Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)
Publisher : Ideas Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur tokoh dan penokohan tokoh Ibu dalam cerpan Ibu yang Anaknya Diculik itu karya Seno Gumira Ajidarma serta mengimplementasikan hasil penelitian dalam pembelajaran sastraIndonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori struktural yang fokus pada salah satu unsur intrinsik karya sasta yaitu tokoh dan penokohan. Berdasarkan analisis structural pada cerpen Ibu yang Anaknya Diculik itu, kita dapat mencermati motif-motif yang melingkari tokoh Ibu. Kesepian, kesendirian, kemalangan, ketuaan, dan ketakberdayaan telah menyeret diri tokoh itu merasakan betul ketakberdayaannya. Implementasi hasil penelitian cerpen Ibu yang Anaknya Diculik itu sebagai bahan ajar sastra di SMA sesuai dan relevan untuk dijadikan bahan materi pembelajaran sastra. cerpen Ibu yang Anaknya Diculik itu mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, fakta cerita, serta sarana cerita khususnya tokoh dan penokohan. Unsur ekstrinsik pada novel diimplementasikan untuk menemukan nilai nilai yang terkandunh dalam cerpen tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 3 (2023): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 9 No 2 (2023): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 9 No 1 (2023): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 8 No 4 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November) Vol 8 No 3 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 8 No 2 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 8 No 1 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 7 No 4 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November) Vol 7 No 3 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 7 No 2 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 7 No 1 (2021): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari) Vol 6 No 4 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November) Vol 6 No 3 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 6 No 2 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 6 No 1 (2020): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 5 No 4 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya(November) Vol 5 No 3 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 5 No 2 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Mei) Vol 5 No 1 (2019): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Februari) Vol 4 No 4 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (November) Vol 4 No 3 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus) Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei) Vol 4 No 1 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari) Vol 3 No 4 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (November) Vol 3 No 3 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Agustus) Vol 3 No 2 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei) Vol 3 No 1 (2017): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Februari) More Issue